MENGHEMAT LISTRIK

Inspirasi Menghemat Pemakaian Listrik 
Oleh: Unih, S.Pd

Siang hari lampu tidak perlu dinyalakan untuk menghemat pemakaian listrik, karena sekarang sudah ada sumber cahaya baru karya sendiri

Setelah beberapa hari saya tidak memegang hp karena pokus pada beres-beres rumah baik rumah sendiri atau pun rumah orang tua. Maklum sebentar lagi lebaran. Di masa covid-19 kita banyak tinggal di rumah. Rumah saya dan rumah orang tua cukup berdekatan, sehingga tidak perlu mudik  saat lebaran. Kalau orang lain banyak yang ingin mudik tapi bagi saya ga perlu mudik dulu deh karena rumah orang tua ada di depan rumah, hehe.

Tak terasa puasa sudah menginjak minggu keempat. Aktifitas masih seperti biasa beribadah di rumah saja. Disela sela aktifitas saya berfikir mengenai tarif pembayaran listrik yang terus naik.  Kebiasaan bulan rhamadan pemakaian listrik bertambah. Bagaimana cara agar bisa menghemat listrik saat bulan rhamadan.

Secara umum rumah terdiri dari beberapa bagian yang terdiri dari teras, ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi dan dapur. Biasanya ada ruangan yang terang ada juga ruangan yang gelap. Ruangan yang terang biasanya teras, ruang tamu dan kamar tidur karena berhadapan langsung dengan sumber cahaya atau memiliki jendela kaca sebagai sumber cahaya. Lalu bagaimana dengan ruang dapur dan kamar mandi apakah memiliki sumber cahaya langsung dari alam?

Ada sebagian rumah yang memiliki ruang kamar mandi dan dapur gelap jika lampunya tidak dinyalakan walaupun siang hari. Contonya dapur dan kamar mandi di rumah saya, setiap hari lampu harus dinyalakan supaya terang. Tak terbayangkan, tarip listrik yang selalu naik menyebabkan pemakaian listrik pun bertambah. Pengeluaran untuk membayar listrik juga bertambah.

Saya berfikir, jika siang hari semua lampu yang ada di rumah dimatikan dan tidak dinyalakan maka pemakaian listrik akan lebih hemat. Lalu bagaimanakah cara yang tepat agar ruangan bisa terang meskipun semua lampu tidak dinyalakan, supaya hemat listrik? Jika membuat jendela dengan cara membongkar tembok tentu membutuhkan  biaya yang tidak sedikit. 

Bagaimana cara membuat lubang cahaya dari atap? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat lubang cahaya. Setelah saya diskusi dengan suami, akhirnya diputuskan  setiap ruangan yang gelap akan di beri lubang ke atas dengan cara melubangi plafon rumah yang terbuat dari GRC diganti dengan peber warna bening. Begitu juga bagian atap genting diganti dengan genting kaca atau feber bening. Dengan demikian maka, cahaya dari luar bisa tembus masuk ke dalam ruangan dan akhirnya siang hari tidak perlu menyalakan lampu. Ya, meskipun  lubang cahaya hanya beberapa centi meter tapi bisa membantu penerangan di siang hari terutama untuk ruangan yang tadinya gelap. Siapa yang bisa mengerjakan pekerjaan ini? Sendiri juga bisa. Tapi kalau tidak mampu sendiri kita bisa menghubungi tukang. Tapi kali ini suami saya yang mengerjakan, keren kalau serba bisa.

Jadi intinya, jika kita memiliki rumah yang gelap atau ada sebagian ruangan yang tidak mendapat cahaya langsung dari alam karena kondisi rumah yang tidak memungkinkan untuk membuat jendela, kita bisa membuat lubang dan mengganti atap dengan bahan yang bening agar sumber cahaya alam pada siang hari bisa masuk. Dan siang hari kita tidak perlu menyalakan lampu. Sehingga dapat menghemat pemakaian listrik.


Salam blogger persahabatan

Unih
https://unih789.blogspot.com

Comments

  1. Salam ibuk.. Ayuuk hemat listrik

    ReplyDelete
  2. Kreatif, inovatif, efektif

    ReplyDelete
  3. Kreatif, inovatif, efektif

    ReplyDelete
  4. Abdi oge gaduh alat hemat listrik tapi teu dianggo rawan pe noong an terutama malm....komo pm kmar mandi mah☺

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil