ANAK BUTUH KASIH SAYANG ORANG TUANYA

Apa yang Anak Tulis Pada Buku Sekolahnya?
Buku tulis anak kita perlu tahu isinya
Bagaimana anak menyampaikan pesan tentang keluh kesahnya selama ditinggal orang tuanya? Kita bisa coba lihat buku-buku pelajaran anak kita dan membaca tulisan-tulisannya. Kisah ini mungkin dialami oleh orang lain juga, dimana orang tua harus meninggalkan anak-anak untuk kepentingan profesi. 

Guru harus menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru. Untuk bisa menyelesaikannya perlu perjuangan. Kita juga harus rela meninggalkan keluarga. Begitu juga ada keluarga yang harus rela kalau harus ditinggalkan untuk sementara.

Selama ditinggalkan orang tuanya,
menyelesaikan PPG, ternyata anak-anak menyimpan kesedihan. Mungkin hal ini terjadi karena sebelumnya anak-anak belum pernah ditinggalkan jauh oleh ibunya. 

Ketika ibunya pulang anak-anak tidak menunjukkan kesedihannya, begitu juga kalau ibunya pergi si kecil suka langsung pergi main, kadang pergi ke wc atau ke kamar.  Beberapa kali hal ini terjadi, ternyata baru menyadari hal itu dilakukan oleh anak kecil tiada lain hanya untuk menyembunyikan kesedihannya. 

Suatu hari, saya sedang berkumpul dengan anak-anak dan suami di rumah. Karena sudah selesai PPG, saya mencoba melihat buku pelajaran si kecil anak saya yang masih kelas tiga SD. Kaget, sedih dan terharu bersatu, saya menemukan tulisan  di buku pelajarannya tugas dari gurunya. Isi tugasnya yaitu sebagai berikut.

  1. Buatlah kalimat yang isinya menyedihkan!
  2. Buatkah kalimat yang isinya mengecewakan!
  3. Buatlah kalimat yang isinya menyenangkan!

Lalu bagaimana penyelesaian dari tugas tersebut? Ini jawabannya.

  1. Setiap hari ketika pulang sekolah, saya harus masak sendiri dan makan sendiri di rumah, karena kakak sekolahnya pulang sore, bapak kerja pulang sore, dan ibu masih di Bandung ikut PPG. Jadi setiap hari saya sendiri.
  2. Saya sedih kalau ibu pergi ke Bandung, karena nanti saya di rumah sendirian.
  3. Saya senang kalau ibu pulang dan selesai PPG nya karena nanti bisa berkumpul lagi di rumah.

Meskipun tulisan serba singkat, membaca tulisan itu membuat air mata mengalir deras. Ternyata di balik perjuangan seorang ibu, ada kesedihan yang disembunyikan anak.

Anak akan merasa nyaman jika ada orang tua terutama ibu disampingnya. Mungkin bagi yang lain yang meninggalkan anaknya karena suatu pekerjaan atau alasan lain, jangan lupa beri perhatian sama anak-anak kita. Terkadang kita tidak menyadari bahwa si anak merasa kurang diperhatikan. Sementara kita sebagai orang tua terkadang merasa sudah cukup memperhatikan anak kita. 

Selain materi, anak-anak juga membutuhkan sentuhan kasih sayang dari orang tuanya.

Salam blogger persahabatan

Unih, S.Pd
https://unih789.blogspot.com


Comments

  1. Wahhh hebat bu tulisannya. Iya. Anak butuh sentuhan kasih sayang.

    ReplyDelete
  2. Betul jangan alasan mencari nafkah byk di desa2 anak ditinggal BP ibunya merantau ke luar daerah/ pulau, anak dititipkan neneknya akhirnnya kasih sayang kurang uang dicukupi.anak tjd gejolak timbulkan mslh di sekolah dan masyarakat.

    Tlg rawat jaga didik dg penuh perhatian ksh syg demi masa dpnnya Anak adalah investasi kita.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil