PERINGKAT BERAPA? PESAN BUAT KELAS 9F SMPN 3 CIPUNAGARA

Jangan Padam Kebersamaan dalam Keluarga Besar Kelas 9F SMPN 3 Cipunagara.

Oleh: Unih S. Pd

Setiap akhir semester siswa mendapatkan laporan nilai yang telah ia peroleh melalui pembagian raport. Besar kecilnya nilai akan sesuai dengan besar kecilnya usaha masing-masing. 

Tak sengaja melihat galeri foto di hp, ada banyak foto yang menginfirasi untuk menuliskan kisahnya. Kisah kebersamaan bersama keluarga besar kelas 9F SMPN 3 Cipunagara banyak yang menjadi kenangan dan kini hanya tinggal kenangan. Pembagian raport semester 1 tahun ajaran 2019/2020 dilaksanakan di dalam kelas yang bergambar burung garuda. Saat itu belum muncul wabah pandemi virus korona, sehingga kami masih bisa berkumpul bersama dan foto bersama di acara pembagian raport semester ganjil itu. Meskipun fotonya tidak terlalu bagus, saya senang melihatnya. Foto bersama yang terjadi secara spontan tanpa ada perencanaan dan pengaturan dari awal. Sehingga meja pun terlihat tidak rapi karena tersenggol siswa yang spontan inging ikut foto bersama. Kekompakan menunjukkan kebersamaan dan kekeluargaan. Mungkin saat ini foto itu tak berkesan tapi suatu saat nanti akan ada kesan yang mendalam terkenang masa-masa sekolah. 

Tak terasa perjalanan kalian sekolah sudah sampai tahap akhir di tinggat SMP. Di kelas 9 memasuki semester genap. Di pertengahan semester genap, kalian belajar dengan cara yang berbeda yang tak pernah dilakukan sebelumnya. Yaitu belajar jarak jauh, secata online, belajar dari rumah. Karena saat wabah covid-19 merajalela terpaksa harus tinggal di rumah saja. Guru pun bekerja harus dari rumah sesuai anjuran pemerintah.

Kini selesai sudah kalian belajar bersama di sekolah, 9f saatnya mendapatkan laporan nilai raport dan surat kelulusan. Setelah kalian Lulus dari SMP kalian harus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Kalian adalah generasi penerus bangsa. Semoga suatu saat nanti kalian menjadi orang sukses. 

Kini pembagian raport dan surat kelulusan  tahun ajaran 2019/2020 diambil oleh orang tua dengan syarat harus mengikuti protokol kesehatan dikarenan wabah covid-19 masih dianggap belum berakhir. Untuk tetap jaga jarak dan menghindari kerumunan yang tak terduga maka acara pembagian raport dan surat kelulusan cukup singkat dan padat. 

Biasanya saat pembagian raport banyak orang tua yang menanyakan ranking anaknya. Meskipun kita tahu bahwa nilai dan ranking bukan satu-satunya syarat kesuksesan hidup. Tetapi tidak ada salahnya jika ranking kelas 9f semester 2 tahun ajaran 2019/2020 diumumkan di sini untuk menhilangkan kepenasaran siswa dan orang tua. Bagi yang dapat ranking 10 besar ibu ucapkan selamat dan yang tidak masuk ranking 10 besar kalian tidak perlu bersedih dan berkecil hati. Kalian semuanya memiliki potensi besar baik yang terlihat maupun yang belum terlihat. Potensi yang ada pada diri kalian silakan kembangkan jangan cepat menyerah untuk meraih cita- cita. 

Saat pembagian raport dan surat kelulusan, semua orang tua mengharapkan anaknya lulus dan mendapatkan nilai yang terbaik, meskipun nilai bukan satu-satunya syarat kesuksesan. Terkadang orang tua juga bertanya tentang ranking dan juara anaknya. Yang lebih tepat sebenarnya bukan rakning tapi peringkat kelas. 

Untuk para orang tua siswa saya ucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan dukungannya selama siswa belajar di SMPN 3 Cipunagara. Adapun siswa kelas 9f yang mendapatkan ranking 10 besar berdasarkan urutan rankingnya, yaitu sebagai berikut:

Urutan siswa berdasarkan jumlah nilai tertinggi di kelas 9f semester genap tahun 2019/2020:

1. Silvi Sulistiawati
2. Abdul Karim
3. Suherti
4. Darsono
5. Dede Eka Astuti
6. Tanti Lestari
7. Sela
8. Dewi Kintan
9. Marta
10. Rini Ayu Soraya

Di atas adalah peringkat kelas khusus untuk 9f dilihat dari jumlah nilai raport semester genap kelas 9 yang diperoleh dari guru mata pelajaran masing-masing dan terekap dalam leger kelas 9f SMPN 3 Cipunagara. Selamat buat peringkat kelas 10 besar. Untuk semua siswa 9f serta kelas 9 lainnya di SMPN 3 Cipunagara selamat kalian sudah lulus dari SMP silakan lanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi semoga sukses.

Untuk anak-anaku siswa 9f ibu berpesan kembangkan potensi yang ada pada diri kalian, karena semua siswa pada dasarnya punya prestasi. Hanya mungkin prestasi kalian berbeda-beda baik dari segi bidang maupun tingkatannya. Tetapi pada dasarnya semua siswa bisa berprestasi asalkan mau tetap berusaha. 

Apabila selama ini mungkin ibu pernah ngomel, marah atau apapun namanya yang membuat kalian sakit hati ibu minta maaf yang sebesar-besarnya. Sebenarnya ibu tidak pernah membenci kalian, tidak pernah marah sama kalian. Kalau pernah bicara keras itu bukti kasih sayang kepada kalian supaya menjadi lebih baik. Karena ibu yakin kalian semua bisa menjadi lebih baik dan kalian juga menginginkan yang terbaik. Terima kasih anak-anaku atas kebaikan kalian semuanya.
Tetap semangat dan sukses selalu.

Salam blogger persahabatan

Unih, S.Pd
https./unih789.blogsport.com











Comments

  1. Wahyu rengking berapa bu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya, ranking ke 18, yang sudah lewat biarkanlah berlalu yang penting ke depannya bisa lebih baik dan sukses.

      Delete
    2. Adit sih bu rangking berapa:v

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil