LAPORAN PJJ DARING BULAN JULI 2020

LAPORAN
PEMBELAJARAN JARAK JAUH 
Bulan Juli 2020

Sekolah : SMPN 3 Cipunagara
Mata Pelajaran          : IPS dan Seni budaya
Kelas             : IX (IPS) dan VIII (Seni budaya)
Guru Mata Pelajaran : Unih, S.Pd

Moda pembelajaran Jarak jauh IPS kelas IX dan Seni budaya kelas VIII terutama kelas yang saya ajar pada bulan juli 2020 menggunakan moda daring. Penerapan PJJ moda daring ini diharapkan dapat memberikan banyak pengalaman terhadap peserta didik untuk lebih mengenal pembelajaran bermakna berbasis IT. Karena menurut hasil laporan orang tua peserta didik, sebagian besar peserta didik telah memiliki hp android. Sedangkan untuk menyiasati pembelajaran PJJ pada peserta didik yang tidak memiliki hp android disarankan menghubungi teman terdekat agar bisa ikut menyimak pembelajaran temannya dengan syarat tidak lebih dari 4 orang dan tetap melaksanakan protocol kesehatan. Dalam hal ini orang tua peserta didik juga berperan dalam ikut mengawasi anaknya belajar.

Aplikasi yang digunakan dalam PJJ moda daring dengan aplikasi google classroom, quizizz, zoom, WAG. Selain mengunakan aflikasi tersebut untuk mendukung kegiatan PJJ daring, saya juga menggunakan pasilitas youtube untuk mengakses video pembelajaran dan blog pribadi untuk tambahan berbagi sumber bahan ajar. 

Media yang digunakan dalam PJJ yaitu: 
Alat dan bahan: Smartphone, Laptop, Kertas, Alat Tulis. Peta, gambar, 
Media : Aplikasi yang digunakan dalam PJJ moda daring dengan aplikasi google classroom, quizizz, zoom, WAG. Internet, 
Sumber belajar IPS 9 dan Seni Budaya 8:
  1. Iwan Setiawan, dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. http://unih789blogspot.com/2020/07/letak-dan-luas-benua-asia-dan-benua.html
  3. Video pembelajaran tentang Benua di youtube
  4. Purnomo Eko, dkk. 2017. Seni Budaya SMP/MTs. Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  5. Video pembelajaran tentang menggambar model dari youtube
Jaringan internet yang saya gunakan yaitu axis.

Partisipasi peserta didik jika dilihat dari persentase yang konsisten dalam pembelajaran setiap kelasnya/grupnya yaitu saya catat dalam bentuk tabel. Kegiatan pembelajaran awal tahun ajaran baru dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020. Satu minggu untuk MPLS bagi peserta didik baru, pembagian kelas daring untuk kelas 8 dan 9 serta sosialisasi pembelajaran jarak jauh terhadap orang tua peserta didik baru dan peserta didik kelas 8 dan 9. Setelah dilakukan sosialisasi dan pembentukn kelas daring lewat google classroom dan tautan WA grup, barulah mulai tanggal 20 belajar secara daring dengan materi beragam tidak hanya pada materi pelajaran tetapi masih membahas materi tentang aplikasi pembelajaran. Adapun persenase pembelajaran daring Mata Pelajaran IPS kelas 9ABC, yaitu dapat dilihat pada tabel 1. berikut.

Sumber: data pribadi juli 2020
Berdasarkan table kehadiran di atas, maka peserta didik kelas IX pada mata pelajaran IPS yang saya ajar yang jumlah totalnya 99 ternyata 100% mengikuti daring dan terdata di google classroom. Namun jika dilihat dari persentase kehadiran ternyata tanggal 22 juli 2020 91% mengisi kehadiran sedangkan sisanya 9% tidak mengisi kehadiran di google classroom artinya 9% tidak hadir. Jumlah peserta didik yang mengisi  kehadiran menurun pada pertemuan berikutnya yaitu hanya sekitar 72%. Sebagaimana komentar siswa melalui wa katanya ada yang terlambat mengisi daftar hadir dan ada yang tidak dapat mengisi daftar hadir karena sudah kedaluarsa.

Lalu bagaimana partisipasi peserta didik di google classroom untuk mata pelajaran seni budaya kelas 8 yang saya ajar? Persentase kehadiran kelas 8 Seni budaya dapat dilihat pada tabel 2 berikut.
Sumber: data pribadi juli 2020
Berdasarkan table kehadiran di atas, maka peserta didik kelas 8 mata pelajaran seni budaya di SMPN 3 Cipunagara yang jumlah totalnya 187 ternyata hanya 88% yang mengikuti daring dan terdata di google classroom. Jika dilihat dari persentase kehadiran ternyata tanggal 21 juli 2020 yang mengisi daftar hadir lewat daring di google classroom yaitu ada 83% sedangkan sisanya 17% tidak mengisi daftar hadir artinya tidak hadir. Sedangkan pertemuan berikutnya justru peserta didik yang mengisi daftar hadir menjadi berkurang yaitu hanya 59%.
Hal ini terjadi apakah ada hubungannya dengan ketersediaan quota? Atau hal lain? Permasalahan ini masih perlu ditindak lanjuti.

Proses Pembelajaran Jarak jauh sedikit berbeda dengan pembelajaran tatap muka, apalagi pembelajaran jarak jauh secara daring artinya harus tersedia jaringan internet dan pasilitas lainnya. Setelah melalui proses perencanaan pembelajaran yang tertuang dalam RPP, disana dijelaskan urutan proses pembelajaran. Namun pada dasarnya untuk kegiatan pembelajaran terutama dalam langkah-langkah pembelajaran tetap sama yaitu ada pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. 

Waktu pelaksanaan PJJ mata pelajaran IPS kelas 9 yaitu hari rabu dan jumat, sedangkan untuk mata pelajaran seni budaya yaitu setiap hari rabu.

Strategi yang dilakukan untuk memantau aktivitas peserta didik yaitu dengan tetap menjalin komunikasi walaupun hanya melalui WA terutama dengan orangtua peserta didik, wali kelas dan peserta didik itu sendiri.  

Penilaian yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh secara daring meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. 

Beberapa hambatan yang dialami selama PJJ daring yaitu sinyal ketersediaan quota, sulit komunikasi terutama dengan peserta didik yang hp nya tidak aktif. Hp peserta didik tidak semuanya suport untuk mengikuti PJJ daring. Peserta didik cerita materinya tidak bisa dibuka, atau tidak bisa mengupload tugas karena sinyal atau jaringan internet yang kurang kuat atau bahkan sisa quota kurang memadai. 
Orang tua tidak bisa mendampingi anaknya belajar karena harus bekerja. Jika anak belum memahami cara belajar secara daring orang tua juga sebagian besar belum bisa membantu anaknya karena ketidakpahaman cara belajar daring.
Komunikasi lewat WA terkadang terhambat karena peserta didik misalnya tidak diperbolehkan pakai hp oleh orang tuanya karena pulsanya cepet habis katanya. Itu diantaranya hambatan yang dihadapi bulan juli ini.

Solusi yang sudah dilakukan untuk masalah sinyal saya hanya dapat memberi saran kepada peserta didik agar cari tempat-tempat di sekitar rumah kita yang sinyalnya lebih kuat, misalnya saya sendiri sebagai gurunya di ruang tamu sinyal lebih kuat maka jika memerlukan jaringan internet tinggal duduk di ruang tamu. Jika di sekolah juga sama tinggal cari posisi yang kuat sinyalnya. 

Refleksi/Tindak lanjut kegiatan PJJ daring yaitu:
Kegiatan membuka pembelajaran PJJ daring yang saya lakukan sudah dapat mengarahkan dan mempersiapkan peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik. 
Peserta didik sudah bisa menanggapi materi yang saya sajikan dengan memberi komentar pada kolom komentar kelas di google classroom.
Respon peserta didik terhadap media peta dan bahan ajar dari https://unih789blogspot.com/2020/07/letak-dan-luas-benua-asia-dan-benua.html Serta materi yang dishare di classroom pada materi letak dan luas benua telah mempermudah peserta didik menguasai materi ajar.
Bukti Pembelajaran Jarak Jauh

Peserta didik yang ikut belajar secara daring melalui google Classroom untuk pelajaran seni budaya belum seluruhnya.
Lampirkan screenshot google classroom IPS Kelas 9 dan Seni budaya kelas 8.

Kelas 9 mata pelajaran IPS yang saya ajar kalau dilihat dari jumlah telah masuk semua dalam classroom untuk PJJ daring

Sebelum kemateri, sebagai Apersepsi dan untuk menanamkan rasa cinta tanah air saya menayangkan video lagu nasional untuk disimak. Sementara peserta didik memberikan komentar dari isi lagu tersebut, sebagian komentar peserta didik  dapat dilihat di bawah ini.


Contoh materi IPS kelas 9 yang di berikan lewat google classroom pada PJJ daring dan beberapa komentar peserta didik dapat dilihat di bawah ini.


Contoh komen peserta didik yang lain mengenai materi pelajaran di atas.


Berikutnya untuk mata pelajaran seni budaya kelas 8, tampilan struktur tugas di google classroom yang saya buat  hasil yang screenshot dapat dilihat di bawah ini.

Di striktur tugas sata membuat 4 topik pembelajaran yaitu topik daftar hadir, Materi pembelajaran, tugas dan quizz.

 Adapun tugas peserta didik yang sudah di upload di google classroom lewat topik tugas menggambar model mata pelajaran seni budaya kelas 8 screenshotnya dapat dilihat di bawah ini.


Selanjutnya memberikan penilaian terhadap tugas peserta didik dapat dilihat di bawah ini.



Berikutnya saya juga mencoba Zoom meeting dengan kelas 8c. Pesera didik yang berhasil join dapat dilihat di bawah ini.


Saya juga memperkenalkan quizizz
untuk latihan soal.


Demikian laporan kegiatan pembelajaran yang daya buat, mudah-mudahan ada manfaatnya. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf dan jika ada kesalahan mohon saran dan komentarnya.

Wassalam
Unih, S.Pd
SMPN 3 Cipunagara

Comments

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil