Mencoba Aplikasi Zoom untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran Jarak Jauh melalui aplikasi telekonferensi misalnya hangouts, zoom, skype, dan webex membutuhkan kesiapan yang sangat memadai. Bagaimana dengan sekolah yang berada di perkampungan apakah bisa diterapkan? Hasil pengamatan sepertinya tidak bisa dilaksanakan 100% karena tidak semua siswa memiliki hp android dengan spesifikasi yang baik.

Sumber: dokumen pribadi.
Komunikasi melalui vicon via zoom sebagai salah satu cara memperkenalkan metode pembelajaran jarak jauh pada anak. Meskipun tidak terlepas dari berbagai kendala tapi boleh di coba. 

Suatu hari saya mencoba melakukan pembelajaran jarak jauh melalui zoom dengan peserta terbatas ternyata selain sinyal harus kuat, quota harus memadai juga pasilitas hp harus memadai pula. 

Pertama masuk zoom meeting sepertinya bangga karena sudah merasa berhasil sudah bisa masuk mengikuti pembelajaran. Tetapi, bagi yang belum bisa masuk karena kendala sinyal dan yang lainnya bisa merasa kecewa sehingga menurunkan semangat belajar. Ini pernah saya alami sendiri. Ketinggalan satu kali pertemuan dalam pembelajaran jarak jauh merasa sudah ketinggalan jauh dari yang lain.

Menghadapi revolusi industri 4.0 mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan teknologi.

Salam blogger persahabatan

Unih, S.Pd









Comments

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil