Hasil Kegiatan IHT dan Pesan Untuk Peserta Didik SMPN 3 Cipunagara pada Tahun Ajaran Baru 2020/2021

IHT tentang Penyusunan Rencaana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh
 Meskipun belajar secara daring dari jarak jauh tetap harus dipersiapkan sebaik mungkin. Disini guru kalian sedang dan sudah mempersiapkan pembelajaran jarak jauh. (Foto dari kanan : 1) Bapak kepala SMPN 3 Cipunagara bpk Ade Tahyudin, M.Pd, 2) Bpk Junaedi, S.Pd 3) Bu Deasy Primawardani, S.Pd 4) Ria Panca Rini, S.Pd dan 5) Unih, S.Pd)

Pesan Untuk Peserta Didik SMPN 3 Cipunagara
Tahun Ajaran Baru 2020/2021

Oleh: Unih, S.Pd

TETAP BELAJAR : Tak terasa kalian sekolah sudah sampai pada tahun ajaran 2020/2021. Pada tahun ajaran baru ini sangat berbeda dengan tahun-tahun ajaran baru sebelumnya. Biasanya pada tahun ajaran baru, kalian sekolah dengan menggunakan seragam baru berangkat ke sekolah dan duduk di kelas yang baru bahkan tak sedikit yang punya teman sebangku yang baru. 

13 juli 2020 merupakan hari pertama masuk sekolah pada tahun ajaran baru 2020/2021. Apa kesan pertama kalian masuk sekolah di hari pertama? Kalian mungkin hanya membayangkan saja memakai baju seragam pergi ke sekolah. Supaya kalian bisa melepaskan rindu memakai seragam sekolah, pakailah seragam sekolah di rumah. Biar guru kalian memfasilitasi kalian belajar dari sekolah, biar dari jarak jauh tapi kita bisa bertemu tatap muka meskipun hanya lewat virtual acount melalui zoom meeting. Selain melalui zoom meeting kita juga masih bisa komunikasi baik melalui wa grup kelas, melalui blogg, youtube, google classroom, dan lain-lain.

Beberapa aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran jarak jauh di SMPN 3 Cipunagara yaitu zoom meeting, google classroom, quizizz, WhatsApp, dan lain-lain. Jadi kalian bisa belajar baik bertanya ke guru maupun melihat langsung lewat video yang ada di youtubevtentang bagaimana penggunaan aplikadi yang bersangkutan. Di bawah ini foto tampilan layar proyektor dimana guru SMPN 3 Cipunagara sedang melaksanakan meeting menggunakan aplikadi zoom membahas PJJ.

Sumber Foto pribadi. Gurumu juga akan melihat kalian belajar dari sini. Jadi, tetaplah semangat belajar. Supaya kalian bisa ikut dalam virtual teaching ini silakan untuk seluruh siswa SMPN 3 Cipunagara terutama yang memiliki hp pintar atau laptop untuk mendownload aplikasi zoom cloud meeting.

Supaya kita bisa ikut di virtual teaching lewat zoom, silakan download zoom cloud meeting.


Selain belajar jarak jauh lewat zoom, kalian harus masuk ke kelas maya melalui google classroom. Di bawah ini contoh tampilan kelas pada google class. Silakan kalian join tapi jangan salah masuk kelas ya, nama juga harus nama lengkap.

Siap-siap join, peserta didik dan guru akan bertemu di sini. Mari belajar bersama di google clasroom.

Sebelum kalian masuk ke google classroom , silakan kalian download terlebih dahulu aplikasi google classroomnya.

Silakan untuk seluruh peserta didik SMPN 3 Cipunagara dowload aplikasi google classroom ini untuk menunjang pembelajaran jarak jauh secara daring. Terutama bagi yang memiliki hp pintar /android, dll atau laptop. 

Selain aplikasi di atas, kalian juga bisa ikut latihan soal jarak jauh secara online dengan quizizz.

Contoh kode untuk join di quizizz yang di share oleh guru mata pelajaran bentuk PR.

Seluruh peserta didik yang memiliki hp pintar kini saatnya harus kalian gunakan untuk belajar. Bagi yang belum atau tidak memiliki hp pintar jangan berkecil hati nanti kalian akan difasilitasi belajar dengan cara lain. Anak-anaku tetap semangat belajar ya! kita belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Semua hal yang positif bisa kita pelajari. 

Anak-anaku, meskipun gurumu berada jauh darimu, guru di sekolah dan siswa di rumah, tetapi kalian akan tetap belajar meskipun dari jarak jauh. 

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan belajar dari rumah (BDR) saat ini sudah kalian kenali. Berbagai aplikasi untuk pembelajaran jarak jauh sedikit demi sedikit sudah kalian kuasai. Secara tidak sadar kalian sudah belajar bagaimana mengikuti cara belajar jarak jauh melalui daring. Bagi yang belum paham tetap akan dibantu oleh guru kalian. 

Perkataan kalian di luar sana harus sopan dan berkata yang baik. Tunjukkan kepada orang tua, teman, guru, dan semuanya kalau kita bisa memberikan yang terbaik. Gurumu akan memberikan penilaian yang terbaik sesuai dengan apa yang kalian tunjukkan kebaikannya.

Tetap semangat belajar untuk semua peserta didik baik peserta didik baru  kelas 7 maupun kelas 8 dan 9 SMPN 3 Cipunagara khususnya. Kalian adalah orang-orang hebat yang kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin hebat. 

Salam blogger persahabatan

Unih, S.Pd
SMPN 3 Cipunagara


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil