KI, KD Senibudaya 8 dan IPS 9 penyesuaian masa covid-19

Sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran  pembuatan rencana pembelajaran yang di laksanakan secara daring, saya mencoba untuk membuat bahan ajarnya dengan tujuan untuk memfasilitasi peserta didik belajar dan memberi kemudahan dalam belajar secara daring. Karena saat ini saya mengajar mata pelajaran IPS kelas IX dan Seni Budaya kelas VIII, maka KI dan KD yang diambil dan di posting di sini hanya untuk KI, KD Senibudaya 8 dan IPS  9. Meskipun masa pembelajaran sekarang tidak mengharuskan pada pencapaian kurikulum, tetapi minimal punya target agar peserta didik bisa belajar dengan nyaman dan masih bisa mengakses materi pembelajaran. Agar peserta didik punya acuan, maka tidak ada salahnya jika peserta didik juga mengetahui kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajarannya. Adapun kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dimaksud yaitu sebagai berikut.

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR SENI BUDAYA SMP/MTs
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

A. SENI RUPA
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan
3.2 Memahami prosedur menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
3.3 Memahami prosedur menggambar poster dengan berbagai teknik
3.4 Memahami prosedur menggambar komik dengan berbagai teknik

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR 
4.1 Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan
4.2 Menggambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
4.3 Membuat poster dengan berbagai bahan dan teknik
4.4 Menggambar komik dengan berbagai teknik

B. SENI MUSIK
Kompetensi Dasar Pengetahuan dan keterampilan
3.1 Memahami teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
4.1 Menyanyikan lagu-lagu daerah yang sesuai dengan teknik dan gayanya sesuai dialektika atau intonasi
kedaerahan
3.2 Memahami teknik dan gaya lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
4.2 Menyanyikan lagu-lagu daerah dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
3.3 Memahami teknik permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
4.3 Memainkan salah satu alat music tradisional secara perorangan
3.4 Memahami teknik permainan alat- alat musik tradisional secara berkelompok
4.4 Memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR IPS SMP/MTs
KELAS IX
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang
diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik
4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik

3.2 Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh
kehidupan kebangsaan

3.3 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi
penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan Masyarakat
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi,
distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga
sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat

3.4 Menganalisis kronologi, perubahan an kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan
sampai awal reformasi
4.4 Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi,
pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi

Sekian semoga bermanfaat. Mohon maaf jika banyak kekurangan.

Samping hideung dina bilik
Kumaha ngaputanana
Abdi nineung ka nu calik
Kumaha ngadeukeutanna

Salam bloger persahabatan

Unih






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil