TETAPLAH GIAT DAN AKTIF BELAJAR MESKIPUN BELAJAR DARI JARAK JAUH SECARA DARING

Adanya bantuan quota belajar dari pemerintah memaksa guru dan siswa untuk mampu memanfaatkan quota belajar tersebut dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh secara daring. Begitu juga dengan saya, beberapa bulan melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring sering menerima usulan dan keluhan orang tua tentang pembelajaran jarak jauh yang memerlukan quota. Para orang tua mengeluh tidak punya hp pintar dan tidak punya quota untuk belajar. 

Lalu bagaimana sekarang setelah pemerintah memberikan bantuan quota belajar? Siswa yang saya ajar dan telah mendapatkan quota belajar banyak yang merasa sangat terbantu. 

Lalu apakah saya sebagai guru masih menerima kritikan dan keluhan dari orang tua masalah pembelajaran jarak jauh secara daring ini? Saya tak menyangka, ternyata saya masih mendapatkan kritikan yang pedas terutama dari salah seorang anggota keluarga peserta didik yang tidak mendapatkan bantuan quota belajar karena berstatus sebagai penerima BSM.

Kepada peserta didik baik yang mendapatkan bantuan quota belajar  ataupun yang tidak, tetaplah giat dan semangat belajar itu lebih baik daripada banyak mengeluhkan hal-hal yang kurang bermanfaat. 

Pembelajaran jarak jauh secara daring yang sudah dilaksanakan diantaranya yaitu melalui google classroom. Saat ini siswa yang aktif di classroom saya mengalami peningkatan.

Selain melalui google classroom, kemudian saya mencoba PJJ daring melalui zoom meeting, ternyata masih belum bisa maksimal. Banyak peserta didik yang belum bisa bergabung. Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih banyak yang bisa bergabung di zoom meeting PJJ.

Memang guru itu sebagai orang terpenting dalam kegiatan PJJ secara daring ini, karena selain guru harus mendidik, mengajar, dan mengevaluasi, guru juga harus mampu mengajarkan penggunaan teknologi dalam PJJ secara daring. Lambat laun dengan adanya kemauan baik guru maupun peserta didik pasti akan mampu memahami perkembangan teknologi dan mampu memanfaatkannya terutama dalam proses pembelajaran.

Demikian sahabat pembaca yang bisa saya sampaikan hari ini. Terima kasih sudah berkunjung.

Salam blogger persahabatan

Unih

Comments

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil