Tugas Aktivitas 2 – Desain Universal untuk Pembelajaran

 Setelah belajar di aktivitas 2 silakan kerjakan tugas berikut:

1. Jelaskan konsep UDL dan prinsip-prinsipnya dengan tepat dalam bentuk mind map, flowchat, poster, infografis atau bentuk visual lainnya, kemudian mengunggahnya di media sosial
2. Gunakan hastag #GBBPPSPPI #PendidikanInklusif
3. Dapatkan minimal 2 komentar di post.
4. Lampirkan link post tersebut pada kolom berikut!

Jawab

Konsep Universal Design for Learning (UDL)


Dasar dari desain universal untuk pembelajaran terletak pada keyakinan bahwa guru dan pengembang kurikulum harus mengidentifikasi dan memperbaiki hambatan belajar peserta didik melalui perencanaan pembelajaran yang efektif dengan fokus pada keterlibatan, penggunaan materi yang fleksibel, dan pembelajaran yang dapat diakses secara bermakna.

UDL adalah kerangka kerja dengan seperangkat prinsip untuk belajar dan mengajar, berdasarkan wawasan ilmiah tentang bagaimana manusia belajar sebagai upaya dalam meningkatkan serta mengoptimalkan pengajaran dan pembelajaran bagi peserta didik yang memiliki kebutuhan belajar yang beragam, termasuk, peserta didik penyandang disabilitas.

Tiga Prinsip UDL
Center for Applied Special Technology (CAST) menjelaskan kerangka UDL melalui tiga prinsip berikut:
1) Multiple means of engagement Menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif (yaitu, mengapa kita belajar): Mempertimbangkan bagaimana melibatkan peserta didik guna merangsang
minat dan memotivasi dalam belajar melalui kegiatan seperti pembelajaran kolaboratif, permainan dan simulasi, nyata dan virtual.
2) Multiple means of representation Menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran (menyediakan konten melalui berbagai cara, seperti diskusi, bacaan, teks digital, dan presentasi multimedia)
3) Multiple means of action and expression Menyediakan berbagai cara yaitu berupa tindakan dan ekspresi sebagai upaya dalam mendukung cara belajar yang strategis (yaitu, bagaimana kita belajar): Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai cara seperti melalui tes atau makalah, melalui seni, presentasi multimedia, dan rekaman digital.

 #GBBPPSPPI #PendidikanInklusif


Comments

  1. Tulisan blognya sangat informatif buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya, semoga tidak bosan, hehe

      Delete
  2. Replies
    1. Bu Septia memang keren, bagaimana bu kabarnya? Semangat bu....kayaknya saya ketinggalan nih bu...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil