Mengikuti Bimtek Pengelolaan Perpustakaan untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Mengelola Perpustakaan

 Bissmillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rekan-rekanku semua semoga selalu dalam lindungan Allah. Pada kesempatan hari ini saya akan menuliskan sedikit tentang pengalaman pribadi dalam mengikuti kegiatan bimtek pengelolaan perpustakaan yang dilaksanakan pada tanggal 5-6 september 2023.  

Kegiatan ini diselenggarakan oleh departemen agama kabupaten Subang yang bekerjasama dengan perpustakaan daerah kabupaten Subang dan Dinas pendidikan kabupaten Subang.

Tempat dilaksanakannya bimtek yaitu di aula Khoirul Ummah kantor Kementerian agama kabupaten Subang. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut cukup banyak sehingga kegiatannya di bagi menjadi dua gelombang. 

Beberapa materi yang di sampaikan dan dibahas dalam bimtek tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Praktek membuat katalog

Rasanya saya masih belum puas untuk belajar bagaimana mempraktekan membuat katalog, karena praktek ini saya anggap paling sulit karena harus mengetahui klasifikasi buku terlebih dahulu sebelum membuat katalog. Sebab di katalog yang dituliskan bukan hanya judul bumu atau pengarang saja tapi ada nomer klasifikasi buku. Dalam menentukan kalsifikasi buku kita harua membaca terlwbih dahulu buku tersebut agar bisa menentukan masuk ke kalas mana.

Dari kegiatan bimtek tersebut hal yang paling mengesankan bagi saya adalah ketika berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang. Di sana banyak yang harus dipelajari secara langsung, namun dengan waktu yang terbatas menyebabkan banyak peserta yang belum puas. Semoga dengan belum puasnya peserta berkunjung ke perpustakaan daerah hal ini menjadi penyemangat untuk tetap dan terus belajar.

Di sela-sela kesibukan melihat bahan bacaan dan melihat contoh penempelan label, kantong buku dan kartu buku, saya menyempatkan mengambil video pemajangan buku-buku di rak buku. 

https://youtu.be/dqjAELwjcJ8?si=SHYp62qXeV8pyH6r

Dari video tersebut, buku-buku terpajang dengan rapi.

Akhirnya tak ada gading yang tak retak, mohon maaf jika tulisan ini kurang berkenan. Penulis berharap semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam blogger persahabatan

Unih, S.Pd.


Comments

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil