Wabah virus korona memaksa siswa supaya belajar di rumah

Bagaimana siswa belajar di rumah, tugas apa yang dikerjakan?
Pengalaman saya sebagai guru yang mengajar tiga mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran IPS, Seni budaya dan basa Sunda tentunya tidak mudah saat harus menyiapkan bahan dan tugas bagi siswa untuk dikerjakan di rumah. Siswa pun terpaksa harus memiliki minimal Hp android untuk bisa mengikuti pelajaran secara online di rumah masing-masing.

Tugas yang saya sampaikan ke anak selain anak diberi bahan bacaan yang ada di buku paket BSE, siswa juga bisa mengunjungi situs internet untuk membaca materi yang sesuai dengan pelajaran saat itu.

Contoh tugas pelajaran mata pelajaran Seni Budaya kelas 9 yang saya berikan yaitu:
  1. Pertemuan pertama, siswa diminta untuk membaca materi tentang seni musik dengan sub materi lagu populer.
  2. Pertemuan kedua, siswa disuruh memilih salah satu jenis lagu populer dan menyanyikannya lewat karaoke, dan sebagai laporan dibuat dokumentasinya berupa video dan hasilnya kemudian dikirim ke email.
  3. Pertemuan ketiga siswa diminta mengerjakan soal online lewat quizizz, kode quizizz dikirimkan ke wali kelas untuk diteruskan ke grup WA kelas masing-masing kelas.

Contoh tugas mata pelajaran basa sunda kelas 9 yang saya berikan ke siswa saat siswa belajar di rumah:
  1. Pertemuan pertama, siswa dikirim file buku basa Sunda. Kemudian siswa disuruh membaca bab 6 tentang drama. Setelah membaca maka siswa harus membuat resume di tik di word aplikasi WPS yang ada di hp masing-masing, file tugas diberi nama dan kelas kemudian hasilnys di kirim lewat email.
  2. Pertemuan kedua, siswa disuruh memerankan drama singkat basa sunda melalui kehidupan siswa di rumah masing-masing. Adapun siswa yang membuat drama secara kelompok tetap harus memperhatikan social distancing dan tentunya tetap mematuhi peraturan pemerintah. Sedangkan tagihan laporan tugas ini dalam bentuk dokumentasi video drama singkat basa sunda.

Tugas ini tujuannya untuk menanamkan rasa cinta terhadap budaya daerah dan bahasa daerah setempat, termasuk cinta tanah air. Salah satu video hasil karya siswa yang yang dikirim dapat dilihat di https://youtu.be/Ywf9NIJR2sw

Contoh tugas IPS kelas 8 yang saya berikan ketika siswa belajar dirumah:
  1. Pertemuan pertama, Siswa mengerjakan soal PTS secara online menggunakan quizizz
  2. pertemuan kedua, siswa disuruh mengamati gambar peta dunia dengan tema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia, dan siswa disuruh memberikan tanggapan dan komentar mengenai apa yang dilihat pada gambar tersebut jawaban di tik dan kirim lewat email.
  3. Pertemuan ketiga, siswa disuruh mengamati kasus wabah virus korona lewat berita di TV. Kemudian membuat laporan dalam bentuk tulisan yang di tik di hp android masing masing kemudian siswa mengirimkannya lewat email.

Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan tugas belajar selama belajar di rumah:

  1. Karena belajar secara online setiap siswa harus memiliki perangkat minimal hp android, sementara di sekolah saya masih banyak siswa yang tidak memiliki hp android apalagi komputer atau laptop.
  2. Karena tugas belajar yang dikerjakan secara online, maka siswa perlu memiliki quota yang cukup. Sedangkan menurut laporan beberapa siswa belajar di rumah tidak dikasih uang jajan katanya sedangkan kalau belajar di sekolah minimal mereka dapat uang jajan dari orang tuanya.
  3. Mengirim  tugas lewat email siswa masih kesulitan karena sebagian besar siswa belum pernah mengenal email, hal ini terpaksa guru mata pelajaran harus menjelaskan cara membuat email, cara mengirim video, gambar, tulisan lewat email.
  4. Waktu itu di daerah sedang masa panen padi, sehingga banyak siswa yang tidak ikut belajar secara online karena banyak yang ikut orang tuanya pergi kesawah untuk membantu orang tua memanen padinya. Bahkan ketika saya ada di depan rumah saya melihat siswa saya yang katanya harus belajar di rumah ternyata malah bawa traktor pergi ke sawah, kayanya mau bajak sawah. Ya mau bagaimana lagi, tak apa apalah yang penting anak tersebut berada dibawah bimbingan orang tuanya.
  5. Pembelajaran secara online di sekolah saya belum bisa maksimal, selain jaringan yang lemot terkadang siswa tidak memiliki quota, jadi ketika guru memberi tugas lewat grup WA, anak tidak mengetahuinya.
  6. Pemahaman orang tua tentang belajar secara online masih kurang, sehingga kurang mendukung. Orang tua tahunya anaknya libur karena ada virus korona katanya.

Jadi kesimpulannya, dengan adanya wabah virus korona, siswa harus belajar di rumah secara online dengan harapan dapat memutus penularan virus korona atau covid 19. Selama belajar di rumah siswa tidak diperbolehkan untuk bepergian jauh apalagi berwisata ke luar kota.

Melihat perkembangan wabah virus korona yang terus bertambaah misalnya di kota Jakarta, orang tua perlu memantau siswa ketika belajar, jangan sampai siswa melanggar apa yang dianjurkan oleh pemerintah. Selama siswa belajar di rumah, siswa harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik, jangan sampai ada yang bergadang. Siswa harus tetap enjoy dan tetap merasa nyaman, oleh sebab itu tugas yang diberikan guru harus yang menyenangkan baik untuk siswa, orang tua maupun untuk gurunya. Jangan lupa tetap semangat dan waspada.

Untuk para pembaca mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan. Jangan lupa kita harus tetap waspada, semoga virus korona atau covid 19 cepat berlalu. Agar siswa bisa kembali belajar di sekolah. Karena mereka sudah merasakan kerinduan inggin belajar di sekolah dan ingin bertemu dengan teman-temannya dan gurunya.

Salam persahabatan
By Unih


Comments

  1. Subhanallah kteatif banget mBak Unih, salut deh atas kerja kerasnya, saya mah ngasih tugas Teks Drama Kehidupan berupa monolog via WA saja dengan durasi 1 menit tentang Covid-19, eh yang berpastisipasi kurang dari 10 %. Bagaimana caranya menyemangati siswa agar tetap mengikuti pembelajaran walau situasi segenting inj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyampaian tugas tugas pelajaran biasanya saya sampaikan awal semester, jadi pas terjadi kondisi seperti ini anak sudah paham untuk mengerjakannya. Motivasi untuk siswa saya mengatakan "yang mengerjakan tugas dengan baik maka akan mendapatkan nilai yang baik, jika mengerjakan asal-asalan nilainya juga nanti akan asal-asalan, kalau tidak mengerjakan tugas artinya tidak ada yang bisa dinilai oleh ibu. semangat ya..." itu yg sering saya sampaikan 😊

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil