Dokumentasi Hasil Kegiatan PKKS SMPN 3 Cipunagara

TETAP BELAJAR, Pada hari ini hari selasa tanggal 8 Desember 2020 saya telah mengikuti kegiatan PKKS di SMPN 3 Cipunagara. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih enam jam.

Persiapan pelaksanaan PKKS

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba mendokumentasikan kegiatan PKKS di SMPN 3 Cipunagara.  Why? karena saya ingin belajar menuliskan apa yang sudah di lakukan sekaligus dokumentasi kegiatan. Sebagaimana  apa yang telah disampaikan oleh Bapak Dede Hidayat, M.Pd beliau menyampaikan bahwa kita harus menuliskan apa yang sudah dilakukan dan melakukan apa yang sudah dituliskan.  

Dalam hal ini, saya akan menampilkan beberapa foto dokumentasi yang sempat saya ambil berikut penjelasan singkat mengenai foto kegiatan tersebut.

Adapun beberapa foto dari hasil kegiatan tersebut yaitu sebagai berikut:

Foto 2. Persiapan Pelaksanaan PKKS

Sebelum pelaksanaan PKKS tentunya kita harus melakukan persiapan mulai dari ruangan berikut sarana prasarana penunjang  sampai ke berkas dan dokumen-dokumen lain yang diperlukan untuk dijadikan bahan penilaian. Berkas-berkas yang ada dikumpulkan untuk menunjang bahan penilaian dan ini dilakukan oleh tim PKKS yang sudah dibentuk sebelumnya. Kekompakan sebuah tim bisa memudahkan untuk mencapai suatu tujuan.


Foto 3. Pembukaan

Sebelum ke acara inti PKKS diawali dengan acara pembukaan dengan pembawa acara Bapak Aam Suradi, S.Pd Humas SMPN 3 Cipunagara. Acara pembukaan dilaksanakan secara khidmat. Di acara pembukaan juga ada menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh ibu Isun Sunarsih, S.Pd guru SMPN 3 Cipunagara (sayang foto menyanyikan lagu Indonesia Raya tidak terdokumentasikan)


Foto 4. Sambutan dari Kepala Sekolah

Sambutan yang pertama diberikan oleh bapak Kepala SMPN 3 Cipunagara bapak Ade Tahyudin, M.Pd. Beliau menyambut baik tim penilai PKKS Bpk Yanuar Sakib, S.Pd M.Si dan Bapak Dede Hidayat, M.Pd


Foto 5. Selingan 

Karena saya ingin ikut foto maaf foto ini dulu ya sebelum ke sambutan berikutnya hehe. 


Foto 6. Sambutan dari tim penilan

Sambutan pertama tim penilai dari Bapa Yanuar Sakib, S.Pd M.Si.  (Posisi beliau duduk di tengah) beliau diantaranya menyampaikan tentang pembuatan 
RKJM, RKT , pemanfaatan masa pandemi untuk menata dan membersihkan sekolah, laporan dapodik dan lain-lain.


Foto 7. Sambutan dari tim penilai 

Sambutan dan pemaparan kedua dari penilai  PKKS Bapak Dede Hidayat, M.Pd tentang PKG (posisi beliau di sebelah paling kanan)


Foto 8. Acara Inti PKKS

Setelah acara pembukaan dan  sambutan-sambutan berikutnya menginjak ke acara inti yaitu PKKS, berkas yang akan dijadikan bahan penilaian di simpan di tempat yang sudah disiapkan untuk memudahkan tim penilai. Sementara tim PKKS pun mempersiapkan diri untuk memberikan penjelasan tentang berkas-berkas yang sudah disiapkan dan di kumpulkan.


Foto 9. Pengecekan Bendahara



Foto 10. Pengecekan Kurikulum dan verifikasi Berkas KTSP 


Pengecekan berkas KTSP dan berkas penunjang lainnya oleh Penilai  PKKS Bapak Yanuar Sakib, S.Pd M.Si (sebelah kanan)
.


Foto 11. Pengecekan dan verifikasi berkas RKAS 

Pengecekan berkas RKAS oleh penilai PKKS (sebelah kanan bapak Dede Hidayat, M.Pd dari tim penilai PKKS)

Foto 12. Pengecekan  Bagian Kesiswaan

Tim PKKS bagian kesiswaan Dody Sutardi, S.Pd bersama rekan sejawat mengisi format isian data kelulusan siswa, Prestasi siswa baik  akademik maupun non akademik, siswa melanjutkan sekolah dan lain-lain.


Foto 13. Pengecekan Bagian Kepegawaian

Bagian kepegawaian harus menguasai keberadaan pegawai  dan memiliki data-data pegawai yang lengkap.


Foto 14. Kesibukan para wakasek dalam PKKS

Sebagai tim PKKS, semua wakil kepala sekolah mulai dari Waka bagian akademik, kesiswaan, humas, dan sapras serta bagian kepegawaian semuanya sibuk untuk membantu pelaksanaan PKKS. Para wakasek yang menjadi tim PKKS juga dibantu oleh rekan-rekan guru sejawat begitu juga kepegawaian dan OPS semuanya ikut terbawa sibuk dalam membantu PKKS.


Foto 15. Perbaikan KTSP dipandu oleh tim penilai PKKS

Menurut tim penilai Bapak Yanuar Sakib ,S.Pd M.Si jadwal pembelajaran khusus masa pandemi di KTSP harus disesuaikan dengan kondisi khusus.


Setelah selesai kegiatan pengecekan berkas penunjang PKKS, acara ditunda sebentar untuk soliskan kemudian di lanjutkan lagi pada kegiatan repleksi dan acara penutupan. 

Dari kegiatan ini banyak memberikan manfaat terutama kita bisa mengetahui apa kekurangan dan kelebihan kita. Adanya kekurangan berarti perlu ada perbaikan. Adanya kelebihan juga perlu ada pengembangan yang berkelanjutan.

Pesan tim penilai yang saya ingat, Bapak Yanuar Sakib, S.Pd M.Si berkata buatlah Rencana buatlah RKJM, RKAS, RKAT, program kepala sekolah dengan baik. Sedangkan Bapak Dede Hidayat, M.Pd berpesan bahwa kita jangan buta supaya tidak tersesat, tuliskan apa yang dilakukan dan lakukan program yang sudah dituliskan.

Acara demi acara telah dilaksanakan, foto bersama tak ada salahnya, cegah wabah pandemi bersama-sama, meski memakai masker wajah senyum masih terlihat, wajah cemas juga terlihat. Semoga covid-19 cepat berlalu. Guru-guru tetap bersatu menembus dunia maya mengajak siswa agar tetap mau belajar. 
(Saf depan dari kanan ke kiri: 1. Titi Anggraeni, S.Pd, 2. Imas Suarsih, S.Pd, 3. Deasy Prima Wardani, S.Pd, 4. Bpk Dede Hidayat, M.Pd, 5. Bpk Ade Tahyudin, M.Pd, 6. Bpk Yanuar Sakib, S.Pd M.Si, 7. Unih, S.Pd, 8. Ria Pancarini, S.Pd)
(Saf belakang dari kiri ke kanan: 1. Aliman, S.Pd, 2. Junaedi,S.Pd, 3. Maulana Abidin, S.Pd, 4. Aam Suradi, S.Pd, 5. Dadi Suryadi,S.Pd, 6. Anan Sugandi, S.Pd, 7. Dody Sutardi, S.Pd)

Demikian yang dapat saya paparkan, mohon maaf yang sebesar-besarnya jika dalam tulisan ini banyak kekurangan dan kesalahan. Terima kasih kepada tim Penilai PKKS mohon maaf jika banyak kekurangan. 

Wassalam
Unih, S.Pd
https://unih789.blogspot.com

Comments

  1. Terima kasih bagi yang sudah berkunjung. Bagi yang belum sempat memberikan komentar silakan tinggalkan komentar di kolom komentar.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kunjungannya ya 🙏

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Izin meninggalkan komentar, mengenai PKKS di SMPN 3 Cipunagara.
    - Tetap loyalitas tanpa batas dlm acara PKKS meskipun dimasa Pandemi dengan protokol kesehatan yg sudah ditentukan.
    - Point di Bagian Kepegawaian semoga dlm PKKS ke depannya bisa lebih menguasai dan lengkap data-data administratif sekolah biasanya data nominatif Guru dan Tata Usaha. Selain itu Jumlah Siswa kls VII s.d IX yg biasanya tiap bulan dibuat DSO (data administratif) nya. Tiap bulan biasanya ada perubahan baik penambahan atau pengurangan dari jumlah siswa, guru dan staff tata usaha disekolah tersebut.

    NB: untuk Ibu Unih semoga karya atau tulisannya dapat bermanfaat bagi umum dan khususnya guru diera mileneal ini. Salam Rindu untuk rekan-rekan di SMPN 3 CIPUNAGARA dari @yunitawulan978

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, rindu juga buat Yunita Wulan Indah.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil