IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi dan tetap semangat.

Setelah acara pembukaan dan sambutan-sambutan sebelum ke acara inti foto bersama dulu agar menambah semangat. 

Pada kesempatan kali ini saya ingin mendokumentasikan sebagian foto kegiatan IHT tentang Implementasi Kurikulum Merdeka, P5 dan pembuatan modul ajar yang dilaksanakan di SMPN 3 Cipunagara. Saya sebagai peserta merasa bangga dengan terlaksananya kegiatan tersebut. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan tepat pada hari rabu tanggal 13 september 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengawas sekolah Bapak Yanuar Sakib, S.Pd. M.Si dan juga narasumber yang memiliki banyak prestasi yaitu ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd.


Sumber foto: dokumen pribadi
Bapa Yanuar Sakib, S.Pd. M.Si sebagai Pengawas Pembina SMPN 3 Cipunagara, Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. sebagai narasumber, Bapak Ade Tahyudin, M.Pd sebagai kepala sekolah dan Pa Asep Yayan Sugandi sebagai pengatur acara.

Kehiatan IHT tersebut kebetulan berbarengan dengan kegiatan simaulasi AKM, sehingga ada beberapa guru yang terpaksa harus memfasilitasi simulasi AKM.

Hal yang membekas dari kegiatan tersebut bagi saya yaitu tentang tes diagnosis. Pada kegiatan tersebut narasumber memberikan 3 pertanyaan. Pertanyaan tersebut yang saya ingat yaitu: 
  1. Apa yang anda tahu?
  2. Apa yang anda ingin tahu?
  3. Apa yang anda sudah pelajari? Tentang kurikulum merdeka
Untuk menjawab pertanyaan yang pertama, kedua dan ketiga, setiap perwakilan kelompok menyampaikan jawabannya masing-masing dengan penyampaian yang harus berbeda dan tidak mengulang apa yang sudah dijelaskan oleh kelompok lain.

Keseruan kegiatan tersebut terlihat dari antusias peserta dalam menyampaikan apa yang sudah diketahui, apa yang ingin diketahui dan apa yang sudah dipelajari tentang implementasi kurikulum merdeka (IKM), Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),  Penyusunan modul ajar, dan lain-lain yang berhubungan dengan kurikulum merdeka.

Bu Unih, S.Pd. dari kelomlok mapel IPS sedang menyampaikan tentang pembuatan modul ajat pada kurikulum merdeka.

Kelompok mapel Matematika dan PJOK dan bahasa Inggris bergabung sedang merancang P5

Bu Cinta Arika perwakilan dari kelompok mapel Prakarya menyampaikan pendapatnya tentang kurikulum merdeka 

Pa Aam Suradi, S.Pd. perwakilan dari kelompok mapel IPA sedang menyampaikan mengenai apa yang sudah tahu tentang kurikulum merdeka

Kelompok mapel PJOk pa Franata Eko, S.Pd mewakili kelompoknya menyampaikan tentang kurikulum merdeka

Kelompok PKn diwakili oleh bu Dewi Isrusiyanah, S.Pd

Kelompok mata pelajaran bahasa Inggris, bu Helawati,S.Pd menyampaikan pendapatnya tentang kurikulum merdeka.

Kelompok mata pelajaran matematika Pa Dadi Suradi, S.Pd berbicara menyampaikan tentang kurikulum merdeka terutama tentang pembelajaran berdiferensiasi

Selain beberapa dokumentasi di atas masih banyak lagi yang tidak bisa di jelaskan satu persatu. Pembelajaran yang menyenangkan membuat waktu menjadi tak terasa. Pembahasan materi tentang kurikulum merdeka yang difasilitasi oleh narasumber hebat menjadi hal yang mengesankan. Kegiatan praktek merancang P5 paling mengesankan karena peserta harus memiliki nalar kritis, kreatif, kerjasama dengan teman dalam mengjaji hal apa saja yang akan di masukan ke projek penguatan profil pelajar pancasila atau P5. Hal ini tentu tidak mudah, oleh sebab itu tidak cukup dengan waktu sehari untuk menyelesaikan rancangan P5 secara matang. Tetapi meskipun sulit minimal dengan adanya kegiatan IHT ini telah membuka wawasan dan maju satu langkah ke arah yang lebih terang tentang bagaimana pelaksanaan p5.

Sumber: dokumen SMPN 3 Cipunagara
Peserta

Sumber foto: dokumentasi SMPN 3 Cipunagara
Pemberian hadiah sebagai peserta tercepat datang ke ruangan dalam kegiatan IHT IKM, Penyusunan modul ajar dan P5.

Pemberiah hadiah untuk kelompok mapel Bahasa Indonesia

Kegiatan yang panjang seharian sangat menyenangkan. Banyak pengetahuan baru yang bisa didapat dari kegiatan tersebut. Narasumber yang smart membawa suasana menjadi tetap semangat. 

Terima kasih bapak pengawas, bapak kepala sekolah, ibu narasumber, bu Ria Panca Rini sebagai waka kurikulum yang sudah menggerakan sekolah sehingga kegiatan ini bisa terlaksana, serta semua rekan guru dan stap TU  SMPN 3 Cipunagara saya ucapkan banyak terima kasih. Mohon maaf jika ada kesalahan. Masih banyak dokumentasi kegiatan yang tidak tersampaikan disini semoga yang lain bisa menambhakan. Baik di komentar maupun di laman yang lain. 

Di sini senang di sana senang 
Dimana mana hatiku senang

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Unih, S.Pd.

Comments

Popular posts from this blog

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil