LAPORAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BULAN AGUSTUS 2020


LAPORAN
PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Bulan Agustus 2020 
Sekolah                                 : SMPN 3 Cipunagara
Mata Pelajaran                     : IPS dan Seni budaya
Kelas                                      : IX (IPS) dan VIII (Seni budaya)
Guru Mata Pelajaran           : Unih, S.Pd

A.   Moda Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Pada laporan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh bulan Agustus ini terutama pada pembelajaran jarak jauh IPS kelas IX dan Seni budaya kelas VIII yang saya ajar masih menggunakan moda daring meskipun keaktifan peserta didik masih minim karena factor kesiapan peserta didik masih minim.
Pembelajaran secara daring bagi Negara lain mungkin sudah bukan menjadi hal yang baru, berbeda dengan di Indonesia terutama di SMPN 3 Cipunagara ini adalah hal yang baru sehingga masih perlu persiapan dan pengarahan dengan baik.
Meskipun banyak siswa yang sudah memiliki hp pintar tetapi, masih perlu bimbingan dalam penggunaan aplikasi pembelajarannya. Dukungan orang tua dan kesungguhan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara daring sangat diperlukan.
Laporan bulan Agustus menurut laporan dan keluhan peserta didik dan orang tua katanya terkendala oleh pulsa, quota, dan sinyal. Lalu bagaimana jika pulsa dan quota sudah digratiskan oleh pemerintah apakan ada perubahan terutama keaktifan dalam pembelajaran jarak jauh dengan daring? Kita lihat hasilnya setelah pembagian pulsa gratis oleh pemerintah mungkin mulai bulan depan.
Mudah-mudahan dengan adanya bantuan pulsa bagi guru, pelajar dapat membantu dan memudahkan pelaksanaan PJJ daring.
Sedangkan untuk menyiasati pembelajaran PJJ pada peserta didik yang tidak memiliki hp android masih sama dengan bulan sebelumnya yaitu disarankan menghubungi teman terdekat agar bisa ikut menyimak pembelajaran temannya dengan syarat tidak lebih dari 4 orang dan tetap melaksanakan protocol kesehatan. Orang tua dianjurkan membantu kegiatan pembelajaran anaknya terutama dalam hal komunikasi dengan guru.
Aplikasi yang digunakan dalam PJJ moda daring pada bulan Agustus yaitu dengan aplikasi google classroom, blog, youtube dan WAG.

B.   Media Pembelajaran Jarak Jauh
Media yang digunakan dalam PJJ yaitu:
1.    Alat dan bahan: Smartphone, Laptop, Kertas, Alat Tulis. Peta, gambar,
2.    Media : Aplikasi yang digunakan dalam PJJ moda daring dengan aplikasi google classroom, quizizz, zoom, WAG. Internet,
3.    Sumber belajar:
a.    Iwan Setiawan, dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
b.    https://unih789.blog spot.com/2020/08/latihan-soal-uraian-ips-kelas-9-benua.html
c.    Video pembelajaran tentang menggambar ilustrasi dari youtube
e.    Purnomo Eko, dkk. 2017. Seni Budaya SMP/MTs. Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
f.     Jaringan internet yang saya gunakan yaitu axis.

C.   Partisipasi Peserta Didik dalam PJJ Daring bulan Agustus
Partisifasi peserta didik dalam kegiatan PJJ daring pada bulan Agustus 2020 dapat dilihat pada table kehadiran berikut
Tabel 1. Kehadiran Responden Pembelajaran Daring Melalui google Classroom Mata Pelajaran IPS kelas IX  ABC SMPN 3 Cipunagara Bulan Agustus
No.
Kelas
Jumlah
Jumlah siswa daring
Jumlah siswa luring
Tanggal pertemuan di google classroom
5
7
12
14
19
26
28





Hadir
Hadir
hadir
hadir
hadir
 Hadir
Tidak hadir
1
IXA
33
29
4
27
25
21
25
21
17
20
2
IXB
33
33
0
20
20
21
22
19
20
18
3
IXC
33
33
0
26
24
23
24
26
17
5
Jumlah
99
99
4
73
69
65
71
66
54
43

Dari table di atas menunjukkan bahwa pada bulan Agustus tidak semua peserta didik aktif mengikuti PJJ secara daring.
Tabel 2. Kehadiran Responden Pembelajaran Daring Melalui Google classroom Mata Pelajaran Seni Budaya kelas 8 SMPN 3 Cipunagara Bulan Agustus
No.
Kelas
Jumlah
Jumlah siswa daring
Jumlah siswa luring
Tanggal Pertemuan di google classroom bulan Agustus





5
12
19
26
1
VIIIA
38
35
3
26
14
15
12
2
VIIIB
37
30
7
17
13
11
5
3
VIIIC
38
35
3
20
18
20
8
4
VIIID
37
35
2
22
15
19
14
5
VIIIE
37
33
4
21
18
22
9
Jumlah
187
168
19
106
78
87
48

Dari table di atas, PJJ daring bulan Agustus mata pelajaran Seni budaya kela 8 masih menunjukkan belum 100% bahkan jika dilihat dari tanggal 5 sampai 26 agustus 2020 terjadi adanya penurunan jumlah yang aktif mengikuti daring. Hal ini terjadi karena menurut pengakuan peserta didik tidak punya pulsa dan quota. Bagaimana jika peserta didik dipasilitasi quota gratis oleh pemerintah apakah ada peningkatan jumlah peserta didik yang aktif mengkuti daring? Kita lihat saja di laporan PJJ daring bulan berikutnya.

D.   Deskripsi Proses Pembelajaran Jarak jauh
Sebelum memulai kegiatan pembelajaran jarak jauh, sebelumnya peserta didik diberi tahu memalui grup WA kemudian dilanjutkan dengan proses pembelajaran yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan penutup.
E.   Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan PJJ mata pelajaran IPS kelas 9ABC yaitu hari rabu dan jumat, sedangkan untuk mata pelajaran seni budaya yaitu setiap hari rabu.

F.    Strategi Pemantauan Aktivitas Siswa
Menjalin komunikasi baik dengan orangtua peserta didik, wali kelas dan peserta didik melalui WA.  

G.   Penilaian PJJ
Penilaian yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian pengetahuan melalui quiz dan komentar di classroom, penilaian keterampilan praktek menggambar dan mengupload tugas. Penilaian sikap dilihat dari cara berkomentar dan keaktifan dalam belajar.

H.   Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh
Hambatan PJJ bulan Agustus hampir sama dengan bulan sebelumnya yaitu karena sinyal dan quota kurang memadai. Terkadang peserta didik cerita materinya tidak bisa dibuka, atau tidak bisa mengupload tugas karena sinyal atau jaringan internet yang kurang kuat atau bahkan sisa quota kurang memadai.
      Orang tua tidak bisa mendampingi anaknya belajar karena harus bekerja. Jika anak belum memahami cara belajar secara daring orang tua juga sebagian besar belum bisa membantu anaknya karena ketidakpahaman cara belajar daring.
Komunikasi lewat WA terkadang terhambat karena peserta didik misalnya tidak diperbolehkan pakai hp oleh orang tuanya karena pulsanya cepet habis katanya. Itu diantaranya hambatan yang dihadapi bulan juli ini.

I.      Solusi Yang Dilakukan
Belum banyak solusi yang diberikan selain hanya meyarankan agar bisa menghemat quota dan bisa membagi waktu dalam menggunakan hp. Sedangkan solusi untuk peserta didik yang tidak bisa daring diharuskan bisa mengerjakan tugas di buku dan diantarkan ke sekolah oleh orang tua meskipun kenyataannya orang tua tidak bisa mengantarkan karena sibuk bekerja. Agar peresta didik lebih aktif dan termotivasi mengikuti PJJ daring, peserta didik diwajibkan mengirimkan foto atau video kegiatan pembelajaran lewat topic tugas.

J.    Refleksi/Tindak lanjut
Kegiatan membuka pembelajaran PJJ daring yang saya lakukan sudah dapat mengarahkan dan mempersiapkan peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik.
Peserta didik sudah bisa menanggapi materi yang saya sajikan dengan memberi komentar pada kolom komentar kelas di google classroom.
Peserta didik yang sudah mampu mengupload tugas lewat google classroom baru sebagian kecil saja.

K.   Bukti Pembelajaran Jarak Jauh

Beberapa bukti yang bisa sampaikan di sini yaitu sebagai berikut: 
Dokumentasi Foto Kegiatan Belajar Peserta didik Mata pelajaran Seni budaya kelas 8 dan IPS Kelas IX yang dikirim lewat google classroom dan WA.

Terkadang peserta didik lebih merasa nyaman mengirimkan tugasnya lewat WA padahal pengiriman tugas lewat WA dapat membuat memori hp cepat penuh. Lebih baik hasil pekerjaan peserta didik langsung dikirim di classroom agar bisa langsung di nilai dan tugasnya tidak berceceran. 
Sebagian besar peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh secara daring dengan menggunakan hp. 


Cipunagara, 31 Agustus 2020
                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


        Unih, S.Pd
                                          NUPTK. 3033759661300063      























Comments

Popular posts from this blog

IHT Tentang IKM, P5 dan Pembuatan Modul Ajar Bersama Narasumber Hebat Ibu Fera Maulidya Sukarno, M.Pd. di SMPN 3 Cipunagara

Kegiatan Open Class VII MGMP IPS Kabupaten Subang di Komisariat Pagaden

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya : Bahan Ajar IPS Kelas 9 Semester Ganjil