LAPORAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BULAN AGUSTUS 2020
LAPORAN
PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Bulan Agustus 2020
Sekolah : SMPN 3 Cipunagara
Mata
Pelajaran : IPS dan Seni
budaya
Kelas : IX (IPS) dan
VIII (Seni budaya)
Guru
Mata Pelajaran : Unih, S.Pd
A.
Moda Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Pada laporan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh bulan
Agustus ini terutama pada pembelajaran jarak jauh IPS kelas IX dan Seni budaya
kelas VIII yang saya ajar masih menggunakan moda daring meskipun keaktifan
peserta didik masih minim karena factor kesiapan peserta didik masih minim.
Pembelajaran secara daring bagi Negara lain mungkin sudah
bukan menjadi hal yang baru, berbeda dengan di Indonesia terutama di SMPN 3
Cipunagara ini adalah hal yang baru sehingga masih perlu persiapan dan
pengarahan dengan baik.
Meskipun banyak siswa yang sudah memiliki hp pintar
tetapi, masih perlu bimbingan dalam penggunaan aplikasi pembelajarannya.
Dukungan orang tua dan kesungguhan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
secara daring sangat diperlukan.
Laporan bulan Agustus menurut laporan dan keluhan peserta
didik dan orang tua katanya terkendala oleh pulsa, quota, dan sinyal. Lalu
bagaimana jika pulsa dan quota sudah digratiskan oleh pemerintah apakan ada
perubahan terutama keaktifan dalam pembelajaran jarak jauh dengan daring? Kita
lihat hasilnya setelah pembagian pulsa gratis oleh pemerintah mungkin mulai
bulan depan.
Mudah-mudahan dengan adanya bantuan pulsa bagi guru,
pelajar dapat membantu dan memudahkan pelaksanaan PJJ daring.
Sedangkan untuk menyiasati pembelajaran PJJ pada peserta
didik yang tidak memiliki hp android masih sama dengan bulan sebelumnya yaitu disarankan
menghubungi teman terdekat agar bisa ikut menyimak pembelajaran temannya dengan
syarat tidak lebih dari 4 orang dan tetap melaksanakan protocol kesehatan.
Orang tua dianjurkan membantu kegiatan pembelajaran anaknya terutama dalam hal
komunikasi dengan guru.
Aplikasi yang digunakan dalam PJJ moda daring pada bulan
Agustus yaitu dengan aplikasi google classroom, blog, youtube dan WAG.
B.
Media Pembelajaran Jarak Jauh
Media
yang digunakan dalam PJJ yaitu:
1. Alat dan bahan: Smartphone, Laptop, Kertas, Alat
Tulis. Peta, gambar,
2. Media
: Aplikasi yang digunakan dalam PJJ moda
daring dengan aplikasi google classroom, quizizz, zoom, WAG.
Internet,
3. Sumber
belajar:
a.
Iwan
Setiawan, dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
b.
https://unih789.blog spot.com/2020/08/latihan-soal-uraian-ips-kelas-9-benua.html
c.
Video
pembelajaran tentang menggambar ilustrasi dari youtube
e.
Purnomo
Eko, dkk. 2017. Seni Budaya SMP/MTs. Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia.
f.
Jaringan internet yang saya gunakan
yaitu axis.
C.
Partisipasi Peserta Didik dalam PJJ Daring bulan Agustus
Partisifasi peserta
didik dalam kegiatan PJJ daring pada bulan Agustus 2020 dapat dilihat pada
table kehadiran berikut
Tabel 1. Kehadiran Responden
Pembelajaran Daring Melalui google Classroom Mata Pelajaran IPS kelas IX ABC SMPN 3 Cipunagara Bulan Agustus
No.
|
Kelas
|
Jumlah
|
Jumlah siswa daring
|
Jumlah siswa luring
|
Tanggal pertemuan di google classroom
|
||||||
5
|
7
|
12
|
14
|
19
|
26
|
28
|
|||||
Hadir
|
Hadir
|
hadir
|
hadir
|
hadir
|
Hadir
|
Tidak
hadir
|
|||||
1
|
IXA
|
33
|
29
|
4
|
27
|
25
|
21
|
25
|
21
|
17
|
20
|
2
|
IXB
|
33
|
33
|
0
|
20
|
20
|
21
|
22
|
19
|
20
|
18
|
3
|
IXC
|
33
|
33
|
0
|
26
|
24
|
23
|
24
|
26
|
17
|
5
|
Jumlah
|
99
|
99
|
4
|
73
|
69
|
65
|
71
|
66
|
54
|
43
|
Dari table di atas
menunjukkan bahwa pada bulan Agustus tidak semua peserta didik aktif mengikuti
PJJ secara daring.
Tabel 2. Kehadiran Responden
Pembelajaran Daring Melalui Google classroom Mata Pelajaran Seni Budaya kelas 8
SMPN 3 Cipunagara Bulan Agustus
No.
|
Kelas
|
Jumlah
|
Jumlah siswa daring
|
Jumlah siswa luring
|
Tanggal Pertemuan di google classroom bulan
Agustus
|
|||
5
|
12
|
19
|
26
|
|||||
1
|
VIIIA
|
38
|
35
|
3
|
26
|
14
|
15
|
12
|
2
|
VIIIB
|
37
|
30
|
7
|
17
|
13
|
11
|
5
|
3
|
VIIIC
|
38
|
35
|
3
|
20
|
18
|
20
|
8
|
4
|
VIIID
|
37
|
35
|
2
|
22
|
15
|
19
|
14
|
5
|
VIIIE
|
37
|
33
|
4
|
21
|
18
|
22
|
9
|
Jumlah
|
187
|
168
|
19
|
106
|
78
|
87
|
48
|
Dari table di atas, PJJ daring bulan Agustus mata pelajaran Seni budaya kela 8 masih menunjukkan belum 100% bahkan jika dilihat dari tanggal 5 sampai 26 agustus 2020 terjadi adanya penurunan jumlah yang aktif mengikuti daring. Hal ini terjadi karena menurut pengakuan peserta didik tidak punya pulsa dan quota. Bagaimana jika peserta didik dipasilitasi quota gratis oleh pemerintah apakah ada peningkatan jumlah peserta didik yang aktif mengkuti daring? Kita lihat saja di laporan PJJ daring bulan berikutnya.
D.
Deskripsi Proses Pembelajaran Jarak jauh
Sebelum memulai kegiatan pembelajaran jarak jauh,
sebelumnya peserta didik diberi tahu memalui grup WA kemudian dilanjutkan
dengan proses pembelajaran yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan
penutup.
E.
Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan PJJ
mata pelajaran IPS kelas 9ABC yaitu hari rabu dan jumat, sedangkan untuk mata
pelajaran seni budaya yaitu setiap hari rabu.
F.
Strategi Pemantauan Aktivitas Siswa
Menjalin komunikasi baik
dengan orangtua peserta didik, wali kelas dan peserta didik melalui WA.
G.
Penilaian PJJ
Penilaian yang
digunakan dalam pembelajaran jarak jauh meliputi penilaian sikap, pengetahuan
dan keterampilan. Penilaian pengetahuan melalui quiz dan komentar di classroom,
penilaian keterampilan praktek menggambar dan mengupload tugas. Penilaian sikap
dilihat dari cara berkomentar dan keaktifan dalam belajar.
H.
Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh
Hambatan
PJJ bulan Agustus hampir sama dengan bulan sebelumnya yaitu karena sinyal dan
quota kurang memadai. Terkadang peserta didik cerita materinya tidak bisa
dibuka, atau tidak bisa mengupload tugas karena sinyal atau jaringan internet
yang kurang kuat atau bahkan sisa quota kurang memadai.
Orang tua tidak bisa mendampingi anaknya belajar karena harus
bekerja. Jika anak belum memahami cara belajar secara daring orang tua juga
sebagian besar belum bisa membantu anaknya karena ketidakpahaman cara belajar
daring.
Komunikasi lewat WA
terkadang terhambat karena peserta didik misalnya tidak diperbolehkan pakai hp
oleh orang tuanya karena pulsanya cepet habis katanya. Itu diantaranya hambatan
yang dihadapi bulan juli ini.
I.
Solusi Yang Dilakukan
Belum banyak solusi yang
diberikan selain hanya meyarankan agar bisa menghemat quota dan bisa membagi
waktu dalam menggunakan hp. Sedangkan solusi untuk peserta didik yang tidak
bisa daring diharuskan bisa mengerjakan tugas di buku dan diantarkan ke sekolah
oleh orang tua meskipun kenyataannya orang tua tidak bisa mengantarkan karena
sibuk bekerja. Agar peresta didik lebih aktif dan termotivasi mengikuti PJJ
daring, peserta didik diwajibkan mengirimkan foto atau video kegiatan
pembelajaran lewat topic tugas.
J.
Refleksi/Tindak lanjut
Kegiatan membuka pembelajaran PJJ daring yang saya
lakukan sudah dapat mengarahkan dan mempersiapkan peserta didik mengikuti
pembelajaran dengan baik.
Peserta didik sudah bisa menanggapi materi yang saya
sajikan dengan memberi komentar pada kolom komentar kelas di google classroom.
Peserta
didik yang sudah mampu mengupload tugas lewat google classroom baru sebagian
kecil saja.
K.
Bukti Pembelajaran Jarak Jauh
Beberapa bukti yang bisa sampaikan di sini yaitu sebagai berikut:
Dokumentasi Foto Kegiatan
Belajar Peserta didik Mata pelajaran Seni budaya kelas 8 dan IPS Kelas IX yang dikirim lewat google classroom dan WA.
Sebagian besar peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh secara daring dengan menggunakan hp. |
Cipunagara, 31 Agustus 2020
Guru Mata Pelajaran
Unih, S.Pd
NUPTK.
3033759661300063
Comments
Post a Comment